Langsung ke konten utama

Perkembangan Kaligrafi Hiasan Mushaf Sejak Dilombakan Pertama Kali Sampai MTQ Nasional XXVIII di Padang 2020

Perkembangan Kaligrafi Hiasan Mushaf 

Sejak Dilombakan Pertama Kali Sampai MTQ Nasional XXVIII di Padang 2020

By Ismail Kadir


Salah satu Cabang kaligrafi Al-Quran yang biasa dilombakan dalam Even MTQ ( Musabaqah Tilawatil Qur’an adalah Kaligrafi Cabang Hiasan Mushaf. Kaligrafi Hiasan Mushaf ini menurut Maestro Kaligrafi Indonesia dan merupakan Dewan Hakim kaligrafi Nasional yang sangat dikenal di Indonesia bahkan Mancanegara Dr. KH. Didin Sirajuddin AR, M.Ag menginformasikan bahwa Secara Nasional Kaligrafi Hiasan mushaf ini untuk pertama kalinya dilombakan pada MTQ Nasional XV tahun 1988 di Provinsi Bandar Lampung.

Mencermati Kaligrafi Hiasan mushaf sejak saat itu sampai sekarang tentu sudah sangat jauh berubah, baik dari perkembangan tulisannya maupun dari segi ornamen atau hiasannya. Termasuk media dam bahan bahan yang digunakan.Perkembangan Kaligrafi khususnya hiasan  mushaf ini bisa diamati langsung dari dokumen dokumen, atau foto foto yang ada, perkembangan yang sangat jauh berubah ini, tentu tidak terjadi begitu saja tetapi melalui proses yang panjang sehinga kita bisa menyaksikan karya karya hiasan mushaf sekarang ini dengan hasil yang sangat luar biasa.

Karya karya ini tidak bisa dilepaskan dari pembinaan kaligrafi yang telah berjalan selama ini. Tidak dapat dipunggkiri semenjak munculnya Pesantren Kaligrafi Al-quran di Sukabumi sekitar tahun 1998, telah memicu dan memacu majunya perkembangan kaligrafi di Indonesia, bahkan di dunia, begitu pula dengan munculnya sanggar-sanggar kaligrafi, maupun pondok pondok kaligrafi, semakin banyak melahirkan kaligrafer kaligrafer di Indonesia. Pembinaan yang berkesinambungan ini kita dapat amati dengan lahirnya kaligrafer kaligrafer baru, meski mereka baru dan muda tapi mereka punya kelebihan yang sangat luar biasa.

Karya peserta kaligrafi Hiasan mushaf sekarang semakin merata antara satu daerah dengan daerah lainnya. Persaingan yang semakin ketat ini membuktikan bahwa hampir seluruh peserta telah mempunyai kemampuan yang hampir sama. Dengan hasil yang begitu ketat ini Dewan hakim yang bertugas untuk menilai pun tentunya harus ekstra ketat dalam penentuan juara.

Dalam artikel yang ringkas ini saya akan melampirkan beberapa foto hiasan mushaf tempo doeloe sejak pertama kali dilombakan di MTQ Nasional sampai MTQ Nasional ke 28 yang terakhir di Padang tahun 2020. Khusus untuk hiasan mushaf MTQ Nasional XV di Bandar lampung, Hiasan Mushaf MTQ XVI di Jogyakarta dan Hiasan Mushaf MTQ Nasional XVII di Pekan Baru Riau saya belum bisa apload sekarang di blog ini, Insya Allah mudah mudahan kedepan saya bisa mendapatkan dokumennya dan saya akan lampirkan.

Berikut ini beberapa contoh Hiasan Mushaf MTQ Nasional Sejak Tahun 1997 di Jambi sampai sekarang

Contoh Hiasan Mushaf MTQ Nasional Jambi 1997


Contoh Hiasan Mushaf MTQ Nasional Palu 2000


Contoh Hiasan Mushaf MTQ Nasional Palangkaraya 2003


Contoh Hiasan Mushaf MTQ Nasional Kendari 2006

Contoh Hiasan Mushaf MTQ Nasional Banten 2008


Contoh Hiasan Mushaf MTQ Nasional Bengkulu 2010


Contoh Hiasan Mushaf MTQ Nasional Ambon 2012


Contoh Hiasan Mushaf MTQ Nasional Batam 2014


Contoh Hiasan mushaf MTQ Nasional NTB 2016


Contoh Hiasan Mushaf MTQ Nasional Medan Sumut 2018


Contoh Hiasan Mushaf MTQ Nasional Padang 2020

Tag :

#Download Hiasan Mushaf#

#Kaligrafi Hiasan Mushaf MTQ Nasional#

#Hiasan Mushaf MTQ#

#Hiasan Mushaf MTQ Nasional#

#mushaf decoration#

#Al-quran mushaf decoration#

#Perkembangan kaligrafi Hiasan Mushaf#

# The development of calligraphy Decorative Mushaf#

# تطوير مصحف الخط الزخرفي#

#Contoh Hiasan Mushaf MTQ Nasional Jambi tahun 1997#

#Contoh Hiasan Mushaf MTQ Nasional Palu Sulawesi Tengah 2000#

#Contoh Hiasan Mushaf MTQ Nasional Palangkaraya 2003#

#Contoh Hiasan Mushaf MTQ Nasional Kendari Sulawesi Tenggara 2006#

# Contoh Hiasan Mushaf MTQ Nasional Banten 2008#

#Contoh Hiasan Mushaf MTQ Nasional Bengkulu 2010#

#Contoh Hiasan Mushaf MTQ Nasional Ambon 2012#

#Contoh Hiasan Mushaf MTQ Nasional Batam2014#

#Contoh Hiasan Mushaf MTQ Nasional NTB Nusa Tenggara barat 2016#

#Contoh Hiasan Mushaf MTQ Nasional Medan Sumatra Utara ( Sumut ) 2018#

#Contoh Hiasan Mushaf MTQ Nasional Padang Sumatra barat (Sumbar) 2020#


























Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumus 34 Tashrif Fiil Madhi, Mudhari' dan Amar

  Rumus 34 By Ismail Kadir Istilah Rumus 34 ini saya perkenalkan sejak tahun 2000. orang lebih kenal dengan istilah Tashrif.. Kenapa saya katakan Rumus 34 . karena sesuai dengan jumlah perubahan kata Kerja Fiil yang ada dalam Tasrif tersebut . dengan rincian Fiil Madi 14, Fiil Mudhari 14 dan Fiil Amar 6 jumlah kesekuruhan 34. saya juga tidak menggunakan kata فعل karena kurang bagus saat akan diterapkan dalam contoh yang sederhana . kalau menggunakan كَتَبَ bisa langsung di implementasi ke Kalimat sederhana. Yang ingin Mendownload Rumus 34 ini silahkan kelik di bawah ini Download Rumus 34 by Ismail Kadir Tag #Rumus 34# #Tashrif# #Contoh Tashrif#

Finalis Kaligrafi Digital MTQ Korpri V Tingkat Nasional Tahun 2021 di Kendari

 FINALIS KALIGRAFI DIGITAL PUTRA Juara 1 Karya SYAIFUDDIN, S.ThI, MA.Hum (Kemenag ) Juara 2 Karya ISMAR ROSIDI, S.IP  (Sumut ) Juara 3  Karya UBAIDILLAH, S.Pd. M.Si  (Banten) Juara Harapan 1 Karya SOUPI EFENDI (Sumbar) Juara Harapan 2 Karya ARFAN SUSANTO, A.Md  (Sultra ) Juara Harapan 3 Karya HANUNG FEBRIANTO, A.Md  (Kementerian PUPR ) FINALIS KALIGRAFI DIGITAL PUTRI Juara 1 Karya HJ. YAYAT SURYATI, S.Ag  ( Banten ) Juara 2 Karya NUR HAMIDA IDRUS  ( Sulbar ) Juara 3 Karya ST. MUWAQQIRAH, S.Pd, M.Pd  (Sulsel ) Juara harapan 1 Karya ANNISA ZAHROUS SALMA, A.Md.Ak  ( Kementerian Tenaga Kerja ) Juara Harapan 2 Karya SAVITRI, ST, M.Eng  ( NTB ) Juara Harapan 3 Karya TRI ANDRIYATI  ( Kementerian Koperasi) Tag : Link Youtube :  https://www.youtube.com/watch?v=NzmdXx2asyc Kaligrafi Digital MTQ Korpri #Kaligrafi Digital# #Digital Calligrafy# #Digital Of Calligrafy# #Ka...

Kaligrafi Kontemporer

 Kaligrafi Kontemporer Kaligrafi kontemporer adalah istilah atau sebutan untuk sebuah karya yang “memberontak” atau “menyimpang” dari rumus-rumus dasar kaligrafi, yang merupakan bentuk manifestasi gagasan dalam wujud visual. Secara estetika kaligrafi kontemporer mengacu kepada kaidah penciptaan seni rupa kontemporer secara umum dan secara etika bersumber kepada Al-Qur’an dan Al-Hadits, yang membawa muatan  artistik-apresiatif yang berfungsi sebagai tontonan (media apresiasi), di sisi lain mengandung muatan  etik-religius yang berfungsi sebagai tuntunan (media dakwah). Sering diistilahkan adanya jenis kaligrafi “murni” dan “lukisan” kaligrafi. Pertama, dimaksudkan sebagai kaligrafi yang mengikuti pola-pola kaidah yang sudah ditentukan dengan ketat, yakni bentuk yang tetap berpegang pada rumus-rumus dasar kaligrafi ( khath ) yang baku. Penyimpangan, ataupun percampuradukan satu dengan lainnya dipandang sebagai kesalahan, karena dasarnya tidak sesuai...